Selasa, 25 Agustus 2009

Perlunya Modal Uang

Ketika kita memulai usaha, tidak bisa dipungkiri bahwa modal berupa uang menjadi penting. Memang kita bisa menjual keahlian, kita bisa menjadi broker, kita bisa mendapatkan pinjaman stock, kita juga bisa menjadikan rumah sendiri sebagai toko/gudang yang secara kasat mata tidak perlu uang. Namun, apa iya 100 % kita tidak perlu modal uang tersebut ?

Memang kita bisa juga menggunakan alokasi modal yang sangat minim dalam memulai usaha. Namun lambat laun ketika bisnis kita menjadi lebih besar, desakan akan tambahan modal tentu akan kita rasakan.

Ada juga pergerakan bisnis yang harmonis, dimana kebutuhan tambahan modal masih bisa didapatkan dari bertambahnya laba usaha setiap bulan.

Rasanya tidak tepat memperdebatkan perlu atau tidaknya modal uang dalam memulai usaha. Namun yang perlu ditekankan, memulai usaha dengan bermodalkan uang saja belum tentu menuai kesuksesan. Juga sebaliknya, memulai usaha dengan modal yang kecil belum tentu akan gagal.

Jadi memiliki modal (bekal) lain dalam berwirausaha juga penting disamping modal uang itu sendiri, apalagi kalau usaha makin besar.

Yang menjadi penting ketika kita terdesak membutuhkan tambahan modal adalah kemana kita mendapatkan modal tersebut. Namanya juga terdesak, tentu modal kita sendiri sudah ‘nyemplung’ semua ke dalam bisnis.

Seperti kita ketahui, kita bisa mendapatkan tambahan dana dari personal atau lembaga keuangan seperti Bank, Koperasi atau lainnya.

Tidak ada komentar: