Minggu, 30 Agustus 2009

MS-38 Kata-Kata yang Harus Dihapus dari Kosakata Anda

Kata pertama : Mencoba. Kata “Mencoba” ini menyiratkan kegagalan. “Mencoba” adalah sebuah kata yang digunakan semua orang untuk membebaskan diri dari ikatan. “Mencoba” adalah sebuah kata yang digunakan orang bila mereka mencari dalih karena tidak menyelesaikan apa yang telah mereka mulai atau karena tidak melakukan apa yang tidak ingin mereka lakukan pada mulanya.
Kata Kedua : Tidak Dapat. Kata “Tidak dapat” berarti tidak mengetahui caranya atau tidak menginginkan. Singkirkanlah kata “tidak dapat”, dan tentukanlah apakah anda tidak mengetahui caranya dan akan belajar, ataukah anda tidak menginginkannya dan melepaskan hal itu.
Kata ketiga : Tetapi. Kata “Tetapi” ini adalah menyangkal segala hal yang disebutkan sebelumnya. Sebaiknya gantilah penggunaan kata “Tetapi” dengan kata “dan”. Contoh : “Aku ingin menghasilkan banyak uang, tetapi itu menuntut kerja keras” menjadi “Aku ingin menghasilkan banyak uang dan itu menuntut kerja keras”.
Kata-Kata Lembek
2 kata dibawah ini adalah kata-kata yang menampilkan citra diri anda yang kurang percaya diri. Kata-kata ini mengebiri kekuatan anda sehingga anda tampak tidak yakin pada diri anda sendiri serta hasilnya.
Pertama : Kata “Berharap”. Kata ini adalah sebuah kata yang menyingkapkan kurangnya kepastian dan kepercayaan diri. Orang-orang yang berharap hidup mereka akan berubah adalah orang-orang yang tidak melakukan apapun bagi diri mereka sendiri. Kata “berharap” menimbulkan perasaan menyenagkan, tetapi tidak mengandung ketegasan niat yang terkandung dalam pengetahuan. Gantilah kata “berharap” ini dengan kata “mengetahui”.
Kedua : Kata “Jika”. Kata “Jika” ini sama seperti kata “Seandainya”. Kata ini menyiratkan sesuatu yang tidak ada, padahal anda harus menghadapi apa yang ada. “Jika” adalah sebuah kata yang digunakan untuk merasionalisasikan penyesalan mereka. “Jika” adalah sebuah kata yang membubuhkan syarat-syarat apa yang ingin anda capai. Ia membuat anda menunggu sampai situasinya sempurna dan membuat anda ragu-ragu untuk mengejar apa yang anda inginkan. Gantilah kata “Jika” ini dengan kata “Saat”

Tidak ada komentar: