Minggu, 30 Agustus 2009

MS-36 : 6 Langkah Untuk Membentuk Kebiasaan yang Tangguh

• Langkah 1 : Ungkapkan kebiasaan-kebiasaan baru anda pada dunia. Semakin besar pengungkapan anda pada dunia, semakin besar keberhasilan anda dalam kebiasaan baru tersebut.
• Langkah 2 : Ambilah tindakan sekarang. Tentukan kapan anda akan menerapkan kebiasaan baru anda. Jika kebiasaan itu adalah sesuatu yang memilih tanggal berhenti definitif atau tanggal mulainya.
• Langkah 3 : Ketahuilah apa yang anda hasilkan dan berfokuslah padanya. Bila anda ingin mengubah suatu kebiasaan, ada saatnya anda harus menyatakan sebuah perubahan kepada diri anda.
• Langkah 4 : Gunakan tindakan berulang. Terkadang anda berpikir tidak pernah mendapatkan apa-apa dari suatu tindakan yang telah anda lakukan. Padahal sesungguhnya anda telah mencapai sesuatu yang tidak anda sadari. Teruslah berusaha dengan gigih dan berfokuslah pada perubahan, kemudian bertahanlah. Lama-kelamaan hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan.
• Langkah 5 : Saat anda keluar jalur, maka kembalilah pada jalur semula. Apapun pilihan anda, anda-lah yang membuat pilihan tersebut. Jika anda sungguh-sungguh ingin mengubah sebuah kebiasaan dan anda menyadari saat ini anda keluar dari jalur perubahan yang telah anda buat, maka kembalilah pada jalur perubahan semula. Mengubah kebiasaan bukanlah perkara tidak keluar jalur atau tidak, melainkan berapa lama waktu yang anda perlukan untuk menyadari anda keluar jalur dan seberapa cepat anda kembali.
• Langkah 6 : Maafkan diri anda dengan kata-kata yang sesuai. Dengan kata lain, jika anda keluar jalur, katakanlah kepada diri anda : “Aku tidak seperti itu, aku bertanggung jawab atas bidang kehidupanku ini. Aku kuat, aku penuh kekuatan, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar: